June 23, 2009

GO GREEN Saat Liburan

"Libur telah tiba...
Libur telah tiba...
Hatiku gembira..."


Wah, senang banget yah liburan panjang akhirnya datang juga buat para pelajar setelah kemaren berpusing-pusing ria buat menghadapi Ujian Nasional ataupun Ujian Akhir Sekolah. Oleh karena itu, jangan heran kalau bulan Juni-Juli sebagian besar dari kita memanfaaatkan waktu untuk berlibur bersama keluarga, kecuali Merin yang nggak bisa libur panjang (kerja mode on). Mungkin beberapa ada yang mengujungi tempat-tempat wisata dan ada juga yang pergi ke sanak saudara.

Liburan memang banyak sekali manfaatnya, salah satunya untuk me-refresh pikiran kita agar tidak stres, dan bisa juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa kekeluargaaan. Tapi, secara tidak sadar kita juga bisa menimbulkan pengaruh buruk pada saat liburan, lho khususnya pada lingkungan tempat kita berlibur baik pantai, kebun binatang, pegunungan, dll.

Pengaruh buruk bagi lingkungan yang diakibatkan karena liburan :
  1. Sampah, peninggalan dari para wisatawan yang seenaknya saja membuang sampah sembarangan baik di jalan, selokan, taman, dan di kandang binatang.
  2. Polusi, sebagian besar wisatawan menggunakan kendaraan pribadi untuk berlibur, jadi semakin banyak juga asap kendaraan yang dihasilkan.
Sebenarnya masih banyak hal-hal yang dapat merusak lingkungan pada saat liburan, tapi 2 hal diatas yang paling banyak berpengaruh buruk untuk lingkungan. So, apakah kita tega membuat lingkungan kita menangis di saat kita asyik berlibur? Tentu tidak, kan?! Oleh karena itu, mari kita berlibur yang ramah lingkungan alias GO GREEN HOLIDAY.

Mer punya beberapa tips agar kamu bisa GO GREEN HOLIDAY :
  • Bawalah barang secukupnya, dengan lebih banyak barang yang kamu bawa saat liburan lebih banyak juga energi (BBM) yang mesti dipakai, jadi sebaiknya kemas barang bawaan dalam satu koper saja.
  • Jalan Kaki, kalau memang tempat tujuan kita cukup dekat, berjalan kakilah. Selain sehat, hemat biaya juga bisa mengurangi polusi.
  • Home Sweet Home, dimanapun kamu menginap di hotel, wisma, motel ataupun rumah saudara. Anggaplah seperti rumah sendiri, jadi kamu bisa bersikap hemat baik penggunaan energi ataupun air.
  • No more plastic, sampah yang susah diuraikan adalah plastik, so kemana pun kau pergi berlibur bawalah air minum secukupnya dalam sebuah tempat yang disiapkan dari rumah agar tidak lagi beli air mineral di perjalanan.
  • Tempat sampah praktis, seringkali kita seenaknya membuang sampah dengan cukup membuka kaca mobil. Eits, berbahaya lho! Nah, sebaiknya kamu siapkan tempat sampah khusus, jadi setelah sampai di tempat tujuan bisa kamu buang di tempat sampah deh.
Nah, sesuai dengan tema GO GREEN yang lagi membara dalam hati mer agar terus menjaga bumi. Eits, ternyata ada juga sobat blogger yang ikut mendukung gerakan GO GREEN. Dia adalah Suara Petualangan. Sebagai bentuk dukungannya, Suara Petualangan (kakanya bolang yah? :p) memberikan mer award yang cantik banget. Tengkyu banget yah...

Save our Earth, Guys..
Ayo, keep on GREEN...!!

.:merin:.

10 Comentários:

escampur88 said...

du semangat ni ngepostignya merin...
kalo aku liburan terus ni

Suara Petualang said...

wah...Setuju tuh ama mbak Merin.....

Buat para Sahabat Petualang yang ingin berlibur diharapkan mengikuti saran dari mbak Merin....

Semoga liburan menjadi berkah dan kedamaian, baik bagi umat manusia maupun alam dan lingkunangan sekitarnya....

Salam Lestari....

merin said...

@escampur88, enak bgt liburan trus...mer ikut dunkz..hehehe..
@suara, seepz deh tetep GO GREEN yah..

sungai siak said...

wah setuju bngt tuh..trus kasih masukan dari sungai siak nih...coba berliburnya ke itana siak di jamin mak nyossss

bunga raya said...

yes liburan.....ceneng deh rasanya......menghilangkan jenuh dan penat seelah lama terlena dalammasalah masing2 sehingga liburan adalah hal penting

cempaka said...

ah liburan juga dengan mengunjungi blog sahabat ini...keren blognya

salam hangat selalu

Ros D said...

duh blog sahabat ko keren2 ya...salam kenal aja nih

dian said...

Ayo kita liburan????

AM said...

Ide Cemerlang!!!
Goo green...
Lingkungan yang sehat
jiwa yang kuat..

Nopi Mujiyanto said...

Hmmmm,...ide yg menarik Mer, saya dukung dech,...
(Go go green,...)
Namun jgn hanya pas liburan aja kita menjaga lingkungan kita,..biasakanlah dalam khidupan shari2 jga,..:)
Sayangnya, sy ga lagi libur nih,....hiks hiks hiks

Post a Comment

Chit chat paramitra
Silahkan beri komentar yang tentu saja tidak mengandung unsur SARA, Iklan, mencaci atau menghujat sesuatu.
Damai itu indah...

I Like

  • Maroon 5
  • Mickey Mouse
  • Sinna Sherina Munaf

Follow Merin


  ©Edited Template by masenchipz